5 Cara yang Dilakukan Anak-Anak yang Bisa Mengajarimu Bagaimana Untuk Menjaga Cita-Citamu Tetap Hidup

5 Cara yang Dilakukan Anak-Anak yang Bisa Mengajarimu Bagaimana Untuk Menjaga Cita-Citamu Tetap Hidup

Kemurnian yang dimiliki oleh anak-anak adalah salah satu alat terbaik untuk menempuh kesuksesan. Anak-anak memiliki kemampuan untuk melihat dunia sekelilingnya tanpa norma-norma sosial yang terlalu ketat, tidak seperti orang dewasa yang memegang teguh hal tersebut. Kreatifitas, keberanian, dan determinasi adalah 3 elemen terpenting untuk mencapai kesuksesan di usia yang masih muda.

Orang dewasa seringkali kehilangan kemampuan untuk melihat banyaknya kesempatan dalam hidup. Mereka hanya cenderung mencari kata-kata bijak dan seringkali mengabaikan hal-hal yang sifatnya sepele. Ketika anak kecil belajar banyak hal tentang dunia dari orang dewasa, mereka juga sebenarnya bisa mengajarimu bagaimana menjadi orang sukses.

Mencoba hal-hal yang tidak diketahui

Sebuah kesempatan hanya akan datang setiap kali anda menemukan sesuatu yang baru. Anak-anak selalu membentuk pemahaman mereka tentang dunia sekitarnya melalui penerimaan gagasan, desain, dan filosofi baru. Mereka mengelilingi dirinya dengan hal-hal yang tidak diketahui sebelum muncul kembali dengan kemampuan baru. Seorang anak tidak akan bisa belajar berenang jika tidak pernah membenamkan dirinya ke dalam air.

Dalam mencapai sebuah kesuksesan,  harus menaklukkan ketakutan anda terhadap hal-hal yang tidak diketahui. Memang tidaklah mudah untuk meninggalkan zona nyaman yang sudah rekan Indopreneurs tinggali. Manusia memiliki karakteristik yang sangat mendasar yaitu menyukai “kebiasaan” yang kemudian menghasilkan pandangan bahwa mencoba hal baru adalah hal yang sulit. Padahal jalan menuju sukses sebagian besar belum dipetakan dan sulit dipahami jika rekan Indopreneurs tidak tahu dimana mencarinya. Setiap kali  memulai petualangan baru, maka hal itu menandakan satu langkah lebih dekat kepada kesuksesan.

Mendapatkan imbalan dengan mengambil resiko

Anak-anak tidak takut membuat kesalahan. Mereka belajar di usia dini bahwa satu-satunya cara untuk mendapatkan imbalan adalah dengan mengambil resiko. Seorang balita bisa terjatuh puluhan atau ratusan kali sebelum mampu menjejakkan langkah kakinya yang pertama sewaktu berjalan. Anak-anak tidak akan membiarkan satu kali kegagalan membuat mereka kecewa. Mereka tau tidaklah menjadi masalah berapa kali mereka harus jatuh asalkan selama itu mereka bisa bangkit lagi. Anak-anak tidak memiliki pilihan tetapi mereka mengakui hal ini merupakan kebenaran – seseorang tidak akan menjadi baik apabila ia tidak pernah gagal di awal. Anda dapat mencoba bisnis baru seperti menyediakan Jasa SEO Bergaransi

Orang dewasa cenderung untuk melupakan pelajaran yang bisa diambil dari uraian diatas. Mereka cenderung berfikir terlalu hati-hati ketika dihadapkan kepada sebuah resiko. Dalam mencapai sebuah kesuksesan yang besar, di saat yang sama kamu harus memikul kegagalan yang besar pula.

Determinasi Tingkat Tinggi

Pernahkah anda melihat seorang anak yang terus merengek untuk meminta sebuah mainan? Bahkan ada beberapa anak yang seringkali mengalami episode tantrum ketika mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Orang tua biasanya memberikan apa yang anak mereka inginkan selama hal itu masih masuk akal. Orang dewasa seringkali tidak menyadari pelajaran berharga dari hal ini. Ya, anak kecil memiliki ambisi dan determinasi yang kuat terhadap apa yang mereka inginkan. Anak kecil sangat ulet dalam mempertahankan keinginannya terhadap sesuatu.

Perbedaan yang bisa diambil ialah bahwa kita tidak akan mungkin berhasil sewaktu mencoba sesuatu pertama kali. Perlu usaha yang berulang-ulang untuk mendapatkan kemampuan, keahlian dan kesuksesan yang kita inginkan. Anak kecil selalu mempraktikkan sistem trial-error sewaktu mempelajari sesuatu. Orang-orang seperti Steve Jobs dan Mark Zuckerberg mampu menjadi orang yang berhasil di bidangnya karena mereka mempraktikkan metode pembelajaran trial-error (eksperimental) dalam bisnisnya. Dengan cara mempelajari kegagalan rekan Indopreneurs selangkah lebih dekat menuju jalan kesuksesan yang anda inginkan.

Bertanyalah

Bertanya adalah kunci untuk memamhami apa saja yang ada di sekelilingmu. Jika seorang anak kecil menginginkan sebuah permen lollipop maka ia akan memintanya. Anak-anak juga tidak pernah merasa canggung untuk bertanya pertanyaan-pertanyaan yang sulit terutama ketika pertanyaan tersebut bisa membuat diri mereka senang. Tidak ada topik yang sifatnya terbatas ketika hal itu dihadapkan pada keberanian seorang anak kecil.

Orang dewasa lebih cenderung berharap terhadap sesuatu ketimbang harus bertanya sesuatu. Jika rekan Indopreneurs menginginkan suatu hal yang luar biasa maka tidak seharusnya rekan Indopreneurs mengharapkannya tanpa mengandalkan usaha. Misalnya saja ketika anda bertanya kepada pemilik perusahaan apakah anda mendapatkan promosi jabatan atau tidak maka hal tersebut akan menunjukkan apa yang anda inginkan. Hal itu lebih baik untuk dilakukan jika dibandingkan rekan Indopreneurs harus diam saja menunggu. Percayalah bahwa tidak ada pertanyaan yang akan membawa anda ke dalam jurang. Pertanyaan akan memberikan rekan Indopreneurs jawaban. Jawaban membawa rekan Indopreneurs kepada kesuksesan.

Manfaatkan Imajinasimu

Anak kecil tidak pernah takut untuk menggunakan imajinasinya dan bermimpi impian yang besar. Ketika rekan Indopreneurs menanyakan seorang anak kecil ingin menjadi apakah mereka ketika dewasa nanti, jawaban mereka rata-rata merupakan hal-hal yang besar. Imajinasi seorang anak kecil tidak pernah dibatasi oleh norma atau kebiasaan orang dewasa. Anak-anak selalu memiliki pemikiran bahwa seseorang dapat meraih apa saja yang mereka mau.

Creative thinking merupakan elemen yang krusial dalam inovasi. Para enterpreneur biasanya sangat familiar dengan impian yang besar. Dengan memanfaatkan pemikiran artistik dan pemecahan masalah yang kompleks bisa menghasilkan solusi efektif terhadap sebuah masalah. Tidak ada orang dewasa yang mampu mencapai tujuannya tanpa membentuk impiannya terlebih dahulu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.